Pengalaman Pendaftaran dan Placement Test di LIA Cibubur

Posted: June 29, 2016 in Course, English, Indonesian Version, Journal
Tags: ,

Sebenarnya niat untuk kursus bahasa Inggris sudah ada sejak awal tahun 2015, tetapi masih terkendala biaya kursus yang lumayan untuk mahasiswa seperti saya. Alhamdulillah saya mendapat magang selama dua bulan di daerah Kuningan pada bulan Juni-Juli 2015 dan ternyata digaji. Hasil dari gaji magang tersebut saya kumpulkan untuk biaya kursus bahasa Inggris dan baru bisa terealisasi pada bulan April 2016. Pada awal bulan Maret 2016 saya mulai mencari info tentang kursus bahasa Inggris. Saya mendapatkan dua tempat kursus yang dekat dengan rumah saya yaitu LIA Cibubur dan ILP Pondok Gede. Pertama-tama saya pergi ke ILP Pondok Gede untuk bertanya tentang biaya kursus. Saya berniat untuk mengambil kelas conversation supaya dapat melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris saya. Di ILP terdapat kelas yang saya mau yaitu Talking English. Biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000, biaya kursus sebesar Rp 1.175.000 untuk kelas weekday dan Rp 1.275.000 untuk kelas weekend dan harga buku sebesar Rp 170.000. Biaya kursus tersebut berlaku selama satu term yaitu sekitar 2,5 bulan. Namun sayang sekali program Talking English masih waiting list dan hanya ada beberapa orang yang baru daftar. Akhirnya saya pun tidak jadi mendaftar kursus di ILP karena tidak ada kejelasan kapan saya bisa mulai kursus. Untuk biaya kursus bahasa Inggris di ILP dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Biaya Kursus di ILP Pondok Gede

20160629_170623

Sumber: Dokumen Pribadi

Keesokan harinya, saya pergi ke LIA Cibubur untuk survei biaya dan program kursus. Program kursus yang cocok untuk melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris yaitu Conversation. Program conversation ini terdiri dari 6 level, setiap satu level dibutuhkan waktu 3 bulan. Jadi, untuk menyelesaikan 6 level tersebut, saya butuh waktu sekitar 1,5 tahun. Untuk biaya kursus conversation sebesar Rp 1.375.000 dan bisa diangsur 3 kali. Biaya tersebut berlaku untuk satu level dan sudah termasuk buku. Kemudian saya mengambil brosur LIA dan langsung pulang untuk menyiapkan berkas pendaftaran. Biaya kursus bahasa Inggris di LIA Cibubur dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Biaya Kursus di LIA Cibubur

20160629_165153

Sumber: Dokumen Pribadi

Pada hari Senin, 7 Maret 2016 saya pergi ke LIA untuk mendaftar kursus bahasa Inggris. Persyaratan pendaftaran sudah saya bawa semua seperti fotokopi KTP, 2 lembar pasfoto ukuran 2×3 cm, biaya formulir dan tes sebesar Rp 50.000 dan pensil 2b untuk mengisi formulir. Kemudian saya pergi ke kasir untuk membeli formulir dan langsung mengisi formulir tersebut dengan pensil 2b. Jadwal placement test untuk gelombang 2 diadakan pada hari Sabtu, 20 Maret 2016 pada pukul 12.30.

Placement Test – Sabtu, 20 Maret 2016

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Saatnya placement test!! Pada saat placement test harap membawa pensil 2b dan jangan sampai datang terlambat karena sesi pertama adalah listening. Pada saat placement test terdapat soal listening, grammar, dan reading. Saya lupa ada berapa jumlah soalnya, pokoknya banyak sekali dan pilihan ganda. Saya tiba di LIA pukul 11.45 dan kemudian mencari ruang kelas terlebih dahulu. Ruang tes saya berada di lantai 2 dan belum ada yang datang, hanya saya sendiri. Berikut ini ruang kelas tes saya:

Ruang Kelas

20160320_120700

Sumber: Dokumen Pribadi

Tes berjalan dengan lancar walaupun banyak soal yang tidak saya mengerti. Yang paling penting saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakan soal tersebut. Untuk hasilnya saya pasrahkan kepada Allah. Hasil placement test diumukan pada hari Kamis, 24 Maret 2016 dan bisa dilihat di papan pengumuman LIA ataupun website LIA Cibubur.

Hasil Placement Test – 24 Maret 2016

Yeah, hasil placement test sudah keluar. Saya langsung membuka website LIA Cibubur dan alhamdulillah saya mendapat level Conversation 3 (CV 3). Level saya berada di tengah-tengah, lumayanlah jadi tidak perlu belajar dari awal lagi. Jadi, saya perlu waktu 1 tahun untuk menyelesaikan kursus Conversation ini, mulai dari level 3-6 (4 level). Jumlah peserta yang mengikuti placement test tanggal 20 Maret 2016 adalah 31 orang. Berikut ini merupakan hasil placement test tanggal 20 Maret 2016:

Hasil Placement Test 20 Maret 2016

lia

Sumber: LIA Cibubur

Setelah kita sudah mengetahui hasil placement test, diharapkan mendaftar ulang secepatnya dengan membawa uang kursus dan kwitansi formulir. Pada hari itu juga, kita langsung mendapat buku kursus. Kursus dimulai pada tanggal 9 April 2016 karena saya memilih hari Sabtu pukul 08.00 – 12.00. Selamat tinggal hari Sabtu! Waktu bersantai pun berkurang 1 hari. Untuk informasi mengenai LIA Cibubur bisa diakses di http://liacibubur.com/

Sekian pengalaman dari saya, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Leave a Reply

