Review Paket Internet Unlimited Smartfren Pascabayar

Posted: May 9, 2016 in Internet & TV, Review
Tags:

Kali ini saya akan memberikan review singkat tentang paket internet dari smartfren pascabayar yaitu postpaid unlimited. Saya sudah berlangganan paket ini hampir 3 bulan sejak pendaftaran tanggal 14 Februari 2016. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini:

Postpaid

Ketika saya mendaftar menjadi pelanggan smartfren pascabayar saya memilih paket Super Basic dengan harga Rp 90.000 per bulan dengan kecepatan download s/d 768 Kbps dan upload s/d 384 Kbps. Paket super basic ini merupakan paket unlimited yang hanya bisa dinikmati oleh pelanggan pascabayar. Jadi jika kalian ingin memilih paket ini silakan daftar/ migrasi ke pascabayar. Untuk informasi pendaftarannya klik di sini

Paket super basic ini mempunyai kuota FUP sebesar 500 MB/ hari. Jika pelanggan sudah melebihi batas FUP tersebut kecepatan akan diturunkan menjadi s/d 153 Kbps untuk download dan s/d 128 Kbps untuk upload. Menurut saya kecepatan untuk paket super basic ini tergolong biasa saja karena sekarang ini banyak provider yang menawarkan paket internet 4G dengan kecepatan yang luar biasa. Satu hal yang saya tidak suka dengan 4G adalah kuota. Ya, kuota adalah hal yang patut saya perhitungkan karena semakin cepat koneksi internet, maka semakin banyak menguras kuota. Sementara saya melihat paket 4G ini tidak ada yang benar-benar unlimited dan kalaupun ada yang benar-benar unlimited, maka harganya pasti mahal dan ada syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Sebelumnya saya juga sudah pernah menjadi pelanggan smartfren lebih dari satu tahun. Saya menjadi pelanggan smartfren ketika smartfren meluncurkan paket internet true unlimited dan ini benar-benar luar biasa. Tetapi lama-kelamaan paket unlimited tersebut berubah dan menerapkan FUP yang menurut saya tidak enak. Saya kecewa karena sekarang ada kuota di dalam paket unlimited. Jika sudah mencapai batas FUP, maka kecepatan diturunkan menjadi 64 Kbps. Kecepatan segitu tidak masuk akal dan sangat lemot. Untuk membuka Facebook saja loadingnya lama apalagi untuk streaming Youtube, pasti mustahil.

Untuk seorang mahasiswa seperti saya ini, paket unlimited dengan FUP per bulan sudah sangat tidak mencukupi kebutuhan saya. Setiap hari saya bisa menghabiskan kuota sebesar 200-400 Mb. Oleh karena itu, saya memutuskan beralih ke pascabayar agar bisa menikmati paket unlimited dengan FUP per hari. Dan tentunya harga paket internet tersebut sesuai dengan budget saya. Selama hampir 3 bulan ini saya puas memakai paket super basic ini. Saya bisa browsing untuk mengerjakan tugas kuliah, streaming Youtube, belajar di internet, dan aktif di berbagai media sosial. Saya menggunakan paket ini hanya sebagai modem bukan untuk handphone ataupun dijadikan wifi. Oleh karena itu hanya satu perangkat saja yang bisa saya gunakan (laptop) dan sangat praktis dibawa kemana-mana. Untuk handphone sendiri, saya menggunakan paket internet yang berbeda, jadi saya menggunakan dua provider hanya untuk internetan.

Selama ini saya hanya menghabiskan kuota antara 200-400 Mb per hari dan tidak setiap hari saya internetan karena keseringan saya browsing via handphone. Jadi menurut saya kuota 500 Mb per hari sudah lebih dari cukup untuk aktifitas saya di internet. Saya juga sempat mengetes kecepatan internet di Speedtest Telin seperti gambar di bawah ini:

Speed Test

Sumber: Dokumen Pribadi

Satu lagi yang paling penting adalah saya bukan tipe orang yang suka download file besar seperti film dan bermain game online. Jadi kebutuhan internet saya hanya sebatas browsing untuk mengerjakan tugas, media sosial, streaming Youtube dan radio online, dan belajar online. Oleh karena itu paket ini cocok untuk saya dan pembayaran tagihannya juga sangat mudah. Pembayaran tagihan bisa melalui Galeri Smarfren dan ATM. Untuk cara melakukan pembayaran dapat di lihat di bawah ini.

1. Melalui Galeri Smartfren

2. Melalui ATM dengan cara sebagai berikut :

  • Masukan kartu ATM
  • Masukan PIN kartu ATM
  • Pilih menu Pembayaran
  • Pilih Telepon / HP
  • Pilih provider Smartfren
  • Masukan nomor Pascabayar Anda
  • Akan muncul konfirmasi pembayaran untuk nomor Pascabayar Anda beserta jumlah tagihan
  • Cek kembali nomor Pascabayar Anda & jumlah tagihan yang ada di layar
  • Jika sudah sesuai pilih “Ya”
  • Selesai

Untuk informasi tagihan dikirimkan melalui email antara tanggal 9-14 setiap bulannya dan waktu jatuh tempo setiap tanggal 21. Berikut ini merupakan informasi tagihan yang dikirimkan via email dan bukti pembayaran.

Tagihan

Sumber: Dokumen Pribadi

Smartfren 2

Sumber: Dokumen Pribadi

Sekian review singkat dari saya. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Comments
  1. Itu masih kena FUP gan? trus denger” ada yang unlimit beneran tanpa FUP itu paket yang apa ia gan? sudah 4g

Leave a Reply

