10 Istilah Dalam Akuntansi

Posted: November 7, 2014 in Bahasa Indonesia

1. Accounting Break Even (Impas akuntansi)

Jumlah satuan (misalnya penerimaan dalam Rupiah) yang akan dijual untuk menjadikan pendapatan neto proyek sama dengan nol. Apabila biaya-biaya proyek dibagi ke dalam biaya-biaya variable (variable cost, VC) dan biaya-biaya tetap (fixed costs, FC), dan marjin kontribusi merupakan perbedaan antara harga jual per unit dengan biaya variabel per unit.

2. Actual Tax Rate (Tarif pajak aktual)

Tarif pajak rata-rata atau keseluruhan yang menunjukkan kenyataan bahwa tidak ada pajak atas laba yang pertama diperoleh dan tarif pajak yang lebih tinggi atas laba terakhir.

3. Barter (Barter)

Pertukaran barang dan jasa tanpa menggunakan uang sebagai alat tukar. Atau sistem pertukaran dimana barang dan jasa diperjualbelikan langsung dengan barang dan jasa lainnya.

4. Call Price (Harga call)

Harga yang harus dibayar emiten kepada pemegang obligasi apabila suatu emisi dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan sebelumnya.

5. Comparative Balance Sheet (Neraca komparatif)

Suatu neraca lajur dimana data untuk dua periode atau lebih ditunjukkan dalam bentuk kolom yang berdekatan.

6. Cost Accounting (Akuntansi biaya)

Salah satu cabang dari akuntansi yang memberikan informasi kepada manajemen perusahaan sehingga manajemen dapat mengkaji biaya produksi.

7. Debt Securities (Surat berharga utang)

Surat berharga yang mewakili uang yang dipinjam dan harus dikembalikan, serta mempunyai suatu jumlah tetap, jatuh tempo tertentu, dan biasanya juga suku bunga tertentu atau dengan diskonto pembelian. Seperti surat dagang, obligasi, surat berharga komersial atau wesel.

8. Owners’ Equity (Ekuiti pemilik)

Nilai tagihan pemegang saham biasa dan saham preferen yang tercatat terhadap aktiva-aktiva pada neraca suatu perusahaan. Juga tagihan pemilik yang tercatat dalam kasus persekutuan atau bisnis yang tidak tergabung.

9. Fee (Beban, komisi atau upah, ongkos)

Imbalan atau beban yang dipungut atas jasa-jasa yang diberikan oleh suatu badan atua perorangan. Beban tersebut dihubungkan dengan nilai moneter dari jasa-jasa tersebut.

10. Worksheet (Lembaran kerja)

Dokumen atau daftar, dimana seorang akuntan atau pemeriksa mengumpulkan informasi yang memperkuat/mendukung suatu opini yang berkaitan dengan saldo perkiraan atau pengujian transaksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s