Pendahuluan Statiska

Posted: September 10, 2013 in Statistika Ekonomi 1

PENDAHULUAN STATISTIKA

UNJ

Disusun Oleh :

MUHAMMAD ARIEF FAUZI

8335123535

STATISTIKA EKONOMI

S1 AKUNTANSI REG B 2012

 

 

AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

2013

A. Definisi Statistika dan Statistik

Menurut Sudjana (2004: 2-3) statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan fakta, pengolahan serta pembuatan keputusan.

Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan bahan-bahan atau keterangan, pengolahan serta penganalisisannya, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang beralasan berdasarkan penganalisisan yang dilakukan.  (Sudjana: 2000)

Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan fakta, pengolahan serta penganalisisannya, penarikan kesimpulan serta pembuatan kesimpulan yang cukup beralasan berdasarkan fakta dan penganalisisan yang dilakukan. (Nurhasan: 1998)

Statistik dalam arti sempit : Statistik berarti informasi yang berbentuk angka, seperti: sensus ekonomi, sensus penduduk dimana dalam hasil sensus tersebut diantaranya tercantum jumlah penduduk menurut umur, jumlah yang masih buta huruf, dan sebagainya. Sedangkan pada hasil sensus ekonomi informasi yang ada diantaranya jumlah usaha/perusahaan, jumlah asset perusahaan yang dirinci menurut kegiatan ekonomi yang ada.

Statistik dalam arti luas : Statistik adalah ilmu pengetahuan yang merangkum kegiatan- kegiatan antara lain pengumpulan, pengorganisasian, perangkuman , pemaparan, dan penganalisaan data, serta pengambilan kesimpulan berdasarkan metode ilmiah yang teruji. Untuk penarikan kesimpulan yang valid serta pengambilan keputusan yang berdasarkan alasan ilmiah yang kuat dari hasil, analisis tersebut.

B. Pembagian Jenis Statistik

  1. Statistik Deskriptif (Descriptive Statistics) bagian dari ilmu statistik hanya terbatas untuk menggambarkan dan mendeskripsikan serta menganalisis suatu kelompok yang menjadi objek penelitian tanpa melakukan generalisasi atau melakukan penarikan kesimpulan  atau inferensi tentang kelompok yang lebih besar. Statistik deskriptif juga disebut statistikdeduktif
  2. Statistik Induktif atau Statistik Inferensi (Inferntial Statistics). Jika sebuah sampel yang representatitive diambil dari suatu populasi, menunjukkan  adanya sifat/karakteristik yang ada pada sampel tersebut, maka kesimpulan tentang populasi dapat ditarik dari analisis sampel tersebut.

C. Macam-macam Statistika

1. Statistika Deskriptif

Statistika deskripsi mengacu pada bagaimana menata, menyajikan dan menganalisis data, yang dapat dilakukan misalnya dengan menentukan nilai rata-rata hitung, median, modus, standar deviasi atau menggunakan cara lain yaitu dengan membuat tabel distribusi frekuensi dan diagram atau grafik.  Ada dua metode dasar dalam statistik deskriptif, yaitu numerik dan grafis

2. Statistika Inferensi

Statistika deskriptif digunakan untuk menaksir dan menguji besaran statistika yang berkaitan dengan cara penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dari sampel untuk menggambarkan karakterstik dari suatu populasi. Dengan demikian dalam statistika inferensia data yang diperoleh dilakukan generalisasi dari hal yang bersifat kecil (khusus) menjadi hal yang bersifat luas (umum).

D. Peranan Statistika

Statistika berperan dalam setiap kegiatan kehidupan seperti dalam sosial, politik, budaya, perekonomian, dan ilmu sains. Statistik sangat dibutuhkan dalam penelitian dan memiliki peranan:

  1. Statistik memungkinkan pencatatan secara lengkap dari data penyelidikan
  2. Statistik memampukan seorang peneliti untuk bekerja secara berurutan dari awal sampai akhir
  3. Statistik menyediakan cara-cara meringkas data kedalam bentuk yang lebih banyak artinya dan lebih gampang mengerjakannya
  4. Statistik memberikan dasar-dasar melalui proses-proses yang mengikuti aturan yang dapat diterima oleh ilmu pengetahuan
  5. Statistik memberikan landasan untuk meramalkan secara ilmiah tentang bagaimana sesuatu gejala akan terjadi dalam kondisi-kondisi yang telah diketahui
  6. Statistik memungkinkan peneliti menganalisa, menguraikan sebab akibat yang kompleksdan rumit yang tanpa statistic akan merupakan persoalan yang membingungkan serta kejadian yang tak teruraikan

E. Fungsi Statistika

  1. Menggambarkan data dalam bentuk tak tentu
  2. Menyederhanakan data yang komplek menjadi data yang mudah dimengerti
  3. Merupakan teknik untuk membuat perbandingan
  4. Memperluas pengalaman individu
  5. Menentukan tingkat hubungan atau peranan antar variable
  6. Mengukur besar besaran variable
  7. Dasar untuk merumuskan kebijakan perusahaan atau pemerintahan

F. Istilah yang Dipakai dalam Ilmu Statistik

  1. Karakteristik. Karakteristik adalah Sifat-sifat atau ciri-ciri yang dimiliki oleh suatu unsur. Misalnya : Unsur itu Pegawai, maka karakteristiknya jenis kelamin, Pendidikan, Umur, Masa kerja, Gaji dll.
  2. Variabel. Variabel adalah suatu nilai karakteristik dari suatu unsur yang sifatnya berubah-ubah. Misalnya Harga, Umur dll.
  3. Populasi. Populasi adalah kumpulan yang lengkap dari suatu elemen atau unsur yang sejenis, akan tetapi dapat dibedakan satu sama lain karena nilai karateristiknya berlainan, seperti Jenis kelamin, Umur, Wajah dll.
  4. Sample. Sample adalah bagian dari populasi yang disebut juga Contoh yang dapat mewakili obyek yang akan diselidiki. Misalnya : diambil 100 dari 1000 perusahaan yang akan diselidiki.

G .Esensi Statistika

Ada tiga hal yang sangat penting dari statistika yaitu:

  1. Data yang tersedia / data historis. Merupakan suatu nilai numerik yang diperoleh dari keterangan masa lampau. Diolah menjadi informasi yang nantinya berguna dalam menentukan keputusan.
  2. Kriteria Keputusan. Dalam Statistika kita sering dihadapkan pada beberapa pilihan. Masing-masing pilihan memiliki nilai/ manfaat dan konsekuensi yang harus diambil atau dengan kata lain kita harus menentukan keputusan. Dari pilihan-pilihan tersebut akan muncul berbagai kriteria keputusan. Sama halnya dengan pilihan, masing-masing kriteria keputusan memiliki manfaat dan akibat bagi kita.
  3. Ada Keputusan

H. Daftar Pustaka

http://farelbae.wordpress.com/catatan-kuliah-ku/pengertian-statistika/

Nurhasan, 1998. Handout Statistik. Bandung : FPOK IKIP.

Sudjana, 2000. Statistika “Untuk Ekonomi Dan Niaga”. Bandung : Tarsito.

Permana, Y. (2012, December 14). Pelajaran Statistik. Retrieved September 10, 2013, from http://materikuliahmanajemens1.blogspot.com/2012/12/pelajaran-statistik.html

http://blog.ub.ac.id/sonnyjoseph/2012/02/29/3/

http://wahyukurnianto.wordpress.com/category/statistik-ekonomi/

http://wulansarisumihadi.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s