Saya Ingin Menjadi Akuntan Yang Menguasai Beberapa Bahasa Asing Dan Bekerja Di Perusahaan Baik Nasional Maupun Internasional

Posted: March 14, 2013 in Pengantar Manajemen

Nama saya Muhammad Arief Fauzi. Sekarang saya kuliah di Universitas Negeri Jakarta jurusan Akuntansi. Empat tahun yang lalu ketika saya kelas tiga SMP cita-cita saya adalah ingin menjadi dosen matematika karena saya sangat suka pelajaran matematika dan selalu mendapat nilai bagus dipelajaran matematika. Pada saat saya kelas satu SMP guru matematika saya baik sekali dan cara mengajarnya berbeda dari guru yang lain sehingga saya dapat mengerti apa yang dia ajarkan dan pada saat itulah saya mulai menyukai pelajaran matematika. Namun cita-cita saya tidak dapat saya teruskan karena pada saat lulus SMP saya memilih untuk masuk SMK.

Pada saat itu saya juga bingung apakah saya harus memilih SMA atau SMK. Lalu setelah berkonsultasi dengan orang tua, saya memutuskan untuk memilih masuk SMK karena terdapat dua peluang setelah lulus dari SMK yaitu bekerja atau kuliah. Setelah memilih untuk masuk SMK saya menjadi bingung lagi karena terdapat banyak sekali jurusan yang ditawarkan. Saya harus memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat saya. Seperti yang sudah saya ceritakan, saya menyukai pelajaran matematika dan apapun yang berhubungan dengan angka dan hitungan. Oleh karena itu saya memilih jurusan Akuntansi karena pada pelajaran Akuntansi terdapat banyak sekali angka dan hitungan.

Pada saat SMK saya mengubah cita-cita saya dari dosen matematika menjadi akuntan. Dan pada saat itu juga saya mulai menyukai bahasa asing dan saya memiliki keinginan untuk dapat berbicara beberapa bahasa asing. Awal mula saya menyukai bahasa asing adalah ketika saya kelas satu SMK saya mendapatkan pelajaran bahasa Jerman. Saya mulai tertarik untuk mempelajari bahasa Jerman karena pengucapannya yang hampir sama dengan bahasa Indonesia. Saya juga ikut English Club karena ingin mempelajari bahasa Inggris terutama dalam berbicara. Sebenarnya pada saat SD dan SMP saya tidak suka dengan pelajaran bahasa Inggris karena pelajarannya susah dan selalu mendapat nilai jelek.

Tetapi setelah ikut English Club saya mulai menyukai bahasa Inggris karena di English Club saya pernah diajak untuk langsung berbicara dengan bule. Pada saat itu saya semakin semangat untuk mempelajari bahasa Inggris. Ketika kelas 2 saya mendapat kesempatan untuk ikut lomba bahasa Jerman antar SMK. Saya mendapat pelatihan intensif belajar bahasa Jerman dan saya mulai menyukainya.

Setelah lulus SMK saya memutuskan untuk kuliah. Dan saya tidak menyangka bisa diterima di Universitas Negeri Jakarta di jurusan Akuntansi karena pada saat tes SNMPTN saya sangat pusing sekali dengan materi pelajaran yang tidak diajarkan di SMK seperti IPS dan matematika dasar yang materinya ada di SMA. Tetapi saya bersyukur karena bisa meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sekarang saya mulai fokus untuk mempelajari Akuntansi dan bahasa asing di kampus. Saya memiliki cita-cita setelah lulus dari universitas saya ingin menjadi seorang Akuntan yang bisa menguasai beberapa bahasa asing dan bekerja di perusahaan baik nasional maupun internasional. Tetapi saya belum bisa memutuskan untuk bekerja di perusahaan mana karena saya masih mencari informasi.

Bagi saya bahasa asing sangat penting untuk masa depan saya. Jadi saya harus lebih giat lagi untuk mempelajarinya. Saat ini saya sedang mempelajari bahasa Inggris dan Turki di kampus serta mempelajari bahasa Jerman secara otodidak karena saya ingin mempelajari lagi ilmu yang saya dapat di SMK. Saya juga fokus mempelajari Akuntansi karena lulusan Akuntansi banyak sekali lapangan pekerjaannya. Setelah lulus nanti saya harus memiliki skill yang banyak agar saya bisa diterima bekerja di perusahaan.

Sebenarnya saya ingin sekali bekerja di perusahaan Jerman karena saya suka dengan negara Jerman dan bahasanya. Setelah beberapa tahun bekerja saya akan mengambil kuliah S2 agar ilmu saya dapat bertambah dan semakin luas. Saya berharap cita-cita saya dapat terwujud setelah lulus nanti agar saya dapat membahagiakan kedua orang tua saya. Sekarang saya harus menulis impian ini di atas kertas lalu menempelkannya di tempat yang sering saya lihat agar saya selalu termotivasi untuk dapat meraihnya.

Leave a Reply

